Jumat, 26 Juni 2015

Kuliner Khas Kota Kediri


Tahu Poo, Kota Kediri


Kota Kediri terkenal dengan sebutan kota tahu karena tahu merupakan oleh-oleh yang terkenal di kota Kediri. Di kota Kediri terkenal dengan tahu takwa atau yang biasa disebut dengan tahu kuning. Sebenarnya di kota Kediri banyak berbagai macam tahu misalnya tahu pong, tahu Lym, tahu putih, dan tahu takwa atau tahu kuning. Tetapi yang sering di minati oleh masyarakat, baik masyarakat Kediri maupun luar Kediri sebagai oleh – oleh untuk keluarga  adalah tahu kuning atau tahu takwa.


            Aneka tahu di kota Kediri itu berbeda – beda ada tahu Takwa dan tahu Pong. Perbedaanya dari tahu takwa atau tahu kuning itu dari tekstur tahunya yang lebih lembut, kenyal dan pewarnanya alami asli dari kunyit. Bentuknya tahu takwa atau tahu kuning segi empat dan agak berbentuk pipih. Rasa dari tahu takwa atau tahu kuning itu lezat, gurih, dan baunya lebih harum. Tahu tersebut bisa dimakan langsung atau dimasak. Biasanya tahu takwa atau tahu kuning bisa di goreng, bisa juga di jadikan campuran sayur.

Tempat yang sering dikunjungi orang – orang  untuk membeli oleh-oleh khas Kediri, tahu takwa atau tahu kuning yaitu di toko Tahu Poo yang berada jalan Yos Sudarso no. 92 Kediri. Tahu takwa atau tahu kuning yang biasanya  dikemas dalam anyaman bambu atau bisa disebut dengan besek. Harga tahu takwa atau tahu kuning sekitar 10.000 - 30.000 yang terjangkau oleh masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar