Jumat, 26 Juni 2015

Tenun Khas Kediri


Pengrajin Tenun, Kota Kediri


Kota Kediri terkenal juga dengan kerajinan kota tenun ikat yang sudah ada sejak 1950-an. Produknya berupa sarung goyor, tenun misris, atau tenun semi sutra. Motif asli Kediri yang ditonjolkan adalah motif ceplok.Sarung goyor adalah sarung khas Kediri yang mempunyai keunikan yakni terasa dingin bila di pakai pada siang hari dan hangat bila dipakai di malam hari.Disamping itu sarung goyor juga mempunyai beberapa motif antara lain:motif ceplok,tirto,long, dan masih banyak motif yang lain.


Kelurahan Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, merupakan sentra kerajinan tenun ikat sejak beberapa puluh tahun lalu sebelum jaman kemerdekaan. Di masa itu masyarakat banyak yang menekuni sebagai pengrajin tenun, karena bisa dikerjakan di rumah sebagai pekerjaan sampingan.  Seiring berjalannya waktu, jumlahn pengrajin tenun semakin berkurang .

Sejak awal munculnya pengrajin tenun, hingga sekarang pengrajin  masih menggunakan peralatan tradisional sederhana dan manual yang dirakit menggunakan kayu atau Alat Tenun Bukan Mesin juga bisa disebut ATMB. Saat menenun tangan dan kaki para pengrajin bergerak secara manual, sehingga terjadi gesekan antara kayu dan menghasilkan suara yang khas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar